23.2.14

Pakan alternatif pengganti Pelet Ikan

Pakan alternatif pengganti Pelet Ikan, adalah artikel Raja Jempol kali ini, mengingat semakin mahalnya bahan baku pelet yang juga menyebabkan harga pakan pelet tersebut naik drastis. Kenaikan harga ini tentu saja akan berakibat pada semakin minimnya keuntungan para peternak/pemelihara/petani ikan.
Raja Jempol Blog
Sejatinya ada banyak pakan alternatif yang bisa dijadikan solusi untuk mengurangi beban biaya pembelian pakan ikan. Indonesia yang kaya akan tumbuhan dan hewan bisa dicari bahan pakan alternatif tersebut. Ada banyak sumber gizi bagi ikan baik dari unsur nabati atau hewani yang ada disekitar lingkungan kita.

Usia ikan dewasa jelang panen baik itu lele atau gurame tentu banyak mengkonsumsi pakan, untuk itu perlu dicari pakan alternatif sebagai selingan guna meminimalisir pakan pelet. Dengan catatan karena unsur khewani pakan alternatif ini terkadang terlalu banyak menandung gisi, cara pemberiannya harus ekstra hati-hati dan tidak berlebihan yang bisa mengakibatkan fatal bagi ikan.

Berikut ini penjelasan singkat beberapa pakan alternatif pengganti pelet dari bahan nabati maupun hewani.
A. Dari Unsur Nabati atau tumbuhan.
Bahan dari tumbuhan ini sangat cocok untuk ikan Gurame, namun juga untuk lele, bedanya Gurame lebih suka tumbuhan daripada hewani.
1. Kangkung
2. Enceng Gondok
3. Daun Pepaya
4. Bayam
5. Kubis
Kangkung, Enceng Gondok, Bayam, Daun Pepaya banyak dijumpai dan mudah ditanam, cara penyajiannya untuk pakan gurame cacah/cincang kangkung tersebut hingga ukuran kecil kemudian tebar keakolam Gurame secukupnya. Untuk ikan lele tidak usah dicincang cukup tebar apa adanya, karena lele mampu mengoyaknya.

B. Dari unsur Hewani atau binatang
Bahan dari hewan ini cocok untuk ikan lele terutama usia dewasa jelang panen karena sifat kanibalnya.
1. Cacing Lumpur
2. cacing tanah
3. siput/keong emas
4. Ikan kecil
5. Jerohan ayam
6. Ulat buah
7. Ulat dedak/zigot
8. Ulat tawon
9. Laron
Cara penyajiannya tebar secukupnya jangan terlalu banyak agar sisanya tidak membusuk. Karena kandungan gisinya terlalu besar pakan ini cocoknya untuk ikan usia daiatas 1 bulan/jelang panen.

Itulah beberapa pakan alternatif pengganti pakan pelet, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus