27.6.15

Tips Membeli Sepeda Motor Bekas

Semua orang pasti ingin membeli motor baru, akan tetapi dikarenakan dana yang ada tidak mencukupi, walaupun ada kredit motor baru dengan uang muka dan cicilan ringan, namun jika dikalkulasi harga cicilan berlipat dari harga jual tunai. Sehingga membeli motos bekas atau second menjadi alternatif. Agar dalam proses pembelian motor bekas tersebut tidak merugikan dengan mendapat motor yang tidak sesuai harga, perlu tips khusus untuk mengetahui kondisi motor tersebut berikut ini adalah beberapa langkah memeriksa motor bekas yang akan dibeli.
Motor bekas
1.Bandingkan harga pasaran
Sebelum Anda melakukan pencarian motor bekas yang akan Anda beli, sebaiknya lakukan cek harga motor di pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah atau mungkin bisa juga dari situs jual beli.

2.Periksa nomor rangka dan mesin motor
Periksa nomor rangka dan mesin motor, lalu sesuaikan dengan nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB. Apabila sama belum tentu motor tersebut asli. Perhatikan lebih jelas apakah nomor rangka dan mesin motor adalah asli dan bukan ketokan kasar (biasa penjual atau penadah motor curian mengubah nomor rangka dan mesin dengan cara diketok).

3.Periksa kondisi fisik
Periksa kondisi body, spion, baut dan lainnya, apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak atau pun pecah, akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah parts orisinil.

4.Periksa kondisi oli motor
Usahakan buka dan ukur oli motor yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.
Oli Motor Terbaik – Total Hi-perf pilihan untuk keawetan motor perlu dipertimbangkan.

5. Periksa speedometer
Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut.Jika di atas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera Anda ganti. Tentunya akan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

6.Hidupkan mesin motor
Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah sehingga dapat langsam pada putarankurang lebih 1.500 rpm.

7. Cek perpindahan gigi
Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut segera habis.Selain itu, dengarkan suaranya jika mendesir pada saat motor berjalan, kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.

8.Periksa rangka atau sasis motor
Cek kelurusan roda motor depan dan belakang dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor
tersebut tidak ada yang bengkok.Jalankan sekitar 40km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros stang atau setir.

9.Periksa kebocoran
Usahakan dapat mengetest motor lebih lama dan setelah dijalankan sekitar 500 meter.
Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Sekaligus mungkin ada air radiator yang bocor, bagi motor yang menggunakan radiator pastinya.

10.Periksa kondisi kelistrikan
Cek juga sistem kelistrikan dan lampu-lampu. Apabila semua berfungsi, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.

11.Periksa kondisi roda
Lakukan pengecekan terhadap kondisi roda. Bagaimana kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak bengkok, motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan bengkok pada chasis.

12.Test ride
Setelah pengecekan semua sudah, lakukan finishing dengan melakukan test ride.Walaupun tadi sudah sedikit menjalankan motor bukan berarti tidak melakukan test ride untuk mencoba handling saat berakselerasi, apakah ada yang janggal atau tidak. Sumber :http://oto.detik.com

Itulah beberapa tips untuk membeli motor bekas, untuk melihat tips tentang mobil kunjungi Oli Mobil Terbaik di Indonesia – Total Quartz

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus